Jumat, 17 Mei 2013

Keutamaan Bulan Rajab

Keutamaan atau Kemulian Bulan Rajab
Bulan Rajab adalah nama bulan qomariyah atau kalender islam yang ditetapkan tanggal 1denga rukyat atau hissab , kalender hijriah sendiri dihitung sejak Nabi Muhammad yakni Nabi kita hijrah .

Bulan Rajab termasuk bulan yang ke-7 dari hijriah , bulan Rajab sendiri disebut bulan haram yakni bulan yang mulia . sehingga ummat muslimin tidak diperbolehkan berperang dibulan ini terkecuali umat kafir menyerang umat muslim . ini merupakan tanda bahwa islam memiliki aturan yang sempurna meskipun non-muslim tetap tidak boleh diserang tanpa sebab . seperti memitnah muslim , melawan muslim , melecehkan muslim .

Rajab

Bulan Rajab

Bulan rajab memiliki keutamaan atau kemulian yang banyak salah satunya pada bulan ini juga terjadi isra' mi'raj Nabi pada tanggal 27, dimana isra' mi'raj sendiri termasuk mu'jizat terbesar yang diberikan kepada Sayyidana Muhammad setelah Alquran ( kitab suci islam )

Beberapa keutamaan dan kemulian bulan Rajab :
  1. Bulan Rajab bulan Allah, bulan Sya’ban bulanku, dan bulan Ramadhan bulan umatku.
  2. Kemuliaan Rajab dengan malam Isra’ Mi’rajnya, Sya’ban dengan malam nisfunya dan Ramadhan dengan Lailatul-Qadarnya.
  3. Puasa sehari dalam bulan Rajab mendapat syurga yang tertinggi (Firdaus). Puasa dua hari dilipatgandakan pahalanya.
  4. Puasa 3 hari pada bulan Rajab, dijadikan parit yang panjang yang menghalangnya ke neraka (panjangnya setahun perjalanan).
  5. Puasa 7 hari pada bulan Rajab, ditutup daripadanya 7 pintu neraka.
  6. Puasa 16 hari pada bulan Rajab akan dapat melihat wajah Allah di dalam syurga, dan menjadi orang yang pertama menziarahi Allah dalam syurga.
  7. Puasa sehari dalam bulan Rajab seumpama puasa empat puluh tahun dan diberi minum air dari syurga.
  8. Rajab

    Bulan Rajab

  9. Bulan Rajab Syahrullah (bulan Allah), diampunkan dosa orang-orang yang meminta ampun dan bertaubat kepada-Nya. Puasa dalam bulan Rajab, wajib bagi yang berpuasa itu. Diampunkan dosa-dosanya yang lalu. Dipelihara Allah umurnya yang tinggal.Terlepas daripada dahaga di akhirat.
  10. Siapa bersedekah dalam bulan Rajab, seperti bersed  ekah seribu dinar, dituliskan kepadanya pada setiap helai bulu roma jasadnya seribu kebajikan, diangkat seribu derajat, dihapus seribu kejahatan.
  11. Dibulan ini kita disarankan juga membaca surat al ikhlas . sebagaimana di buku Durrotun Nashin .
Itulah keutamaan Bulan Rajab .semoga bisa manfaat .

    Rajab

    Bulan Rajab

    0 komentar:

    Posting Komentar