Senin, 20 Mei 2013

Macam-Macam Sistem Ekonomi

Macam-Macam Sistem Ekonomi Diindonesia
Sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan–aturan atau cara–cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian.

Berbagai permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh semua negara di dunia, hanya dapat diselesaikan berdasarkan sistem ekonomi yang dianut oleh masing–masing negara.
arti Sistem Ekonomi
Menurut Dumairy (1966), Sistem ekonomi ialah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suat tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan padangan, pola dan filsafat hidup masyarakat tempatnya berpijak.

Pada darsarnya sistem ekononmi dibedakan menjdi empat macam sistem ekonomi , yaitu :
  1. Sistem Ekonomi terpusat
    Sistem ekonomi terpusat yang disebut juga sistem ekonomi sosialis adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh sumber daya dan pengolahannya direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah. Penjelasan diatas di atas bisa diambil kesimpulan sistem ekonomi terpusat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    • Seluruh sumber daya dikuasai oleh negara
    • Produksi dilakukan untuk kebutuhan masyarakat
    • Kegiatan ekonomi direncanakan oleh negara dan diatur pemerintah secara terpusat
    • Hak milik individu tidak diakui (Kardiman, 2006 : 79)
  2. Sistem ekonomi campuran
    Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang berusaha mengurangi kelemahan-kelemahan yang timbul dalam sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi pasar. Dalam sistem ekonomi campuran pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta dalam menjalankan kegiatan perekonomian (Sardiman, 2006 : 80)
     
  3. Sistem ekonomi Tradisional
    Dalam sistem ekonomi tradisional kegiatan ekonomi masih menggunakan tradisi turun-temurun yang berlaku dalam suatu masyarakat dan telah menjadi nilai budaya setempat. Untuk lebih jelasnya lihat dipostingan sebelumnya tentang Sistem ekonomi Tradisional
     
  4. Sistem ekonomi liberal
    Sistem ekonomi liberat disebut juga ekonomi pasar, yaitu sistem ekonomi di mana pengelolaan ekonomi diatur oleh kekuatan pasar (permintaan dan penawaran). Sistem ekonomi ini menghendaki adanya kebebasan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi. Dan lihat dipostingan sebelumnya tentang Sistem ekonomi liberal
Ref : diambil dari , Kardiman, Drs dkk. 2006. Ekonomi dunia kesehatan Kita, Yudistira

0 komentar:

Posting Komentar