Rabu, 23 Oktober 2013

Manfaat Asam Folat Untuk Kesehatan

Defenisi Asam Folat
Folasin dan folat ialah merupakan nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat.
Ikatan-ikatan itu berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Dunia kesehatan mengenal istilah asam folat adalah bagian dari vitamin B9 ini sebenaranya masih langka ditelinga masyarakat kita . Dalam dunia medis Asam Folat distilahkan dengan folic acid, folacin . 

Ada banyak manfaat asam folatDiantaranya yaitu , untuk menjaga kesehatan kehamilan fungsinya untuk mencegah kecacatan janin ketika dilahirkan . Kegunaan selanjutnya dari folid acid ini adalah membantu tubuh ketika proses metabolisme protein berlangsung, serta turut dalam membangun sel-sel darah merah yang sehat, dan juga membantu menurunkan kadar homocysteine (asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada ibu hamil ).

Orang dewasa membutuhkan zat asam folat adalah berkisar pada angka 400 mikrogram pada setiap hari . Dan bagi ibu hamil tentunya kebutuhan asam folat lebih banyak lagi  . sebab mencukupi kebutuhan ibu hamil dan juga janin yang masih dikandungnya itu sendiri .

Untuk memenuhi kebutuhan terhadap folid acid ini perlu juga kita mengetahui sumber makanan banyak mengandung asam folat diantaranya yaitu ,  banyak didapat dalam sayuran dan buah-buahan.

Sayuran yang banyak mengandung asam folat adalah sayuran warna hijau misalnya saja , bayam, brokoli, selada air.
Sedangkan Buah-buahan  yang banyak mnagandung asam folat adalah stroberi, belewah, jeruk, pepaya
Dan dari Jenis kacang-kacangan juga banyak kandungan dari asam folat ini. Selain itu bisa diperoleh dari sumber hewani seperti telur, hati sapi, dan susu.

Manfaat Asam Folat Untuk kesehatan

Selanjutnya kita melirik manfaat fungsi asam folat untuk ibu hamil dan selain ibu hamil yang berguna bagi kesehatan kita . yaitu :
Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Manfaat Asam Folat Untuk kesehatan
  1. Kesehatan Ibu Hamil.
    Pada setiap kali pemeriksaan kesehatan ibu hamil  oleh tim medis misalkan bidan maka akan banyak memberikan dan merekomendasikan pemberian asam folat ini  kepada bumil . sebab asam folat berguna untuk mencegah cacat fisik dan mental pada bayi yang akan dilahirkan.
    Yang lebih penting lagi asam folat dapat berfungsi mencegah bayi lahir cacat pada otak dan sumsum tulang belakang .
    Dosis yang dianjurkan adalah berkisar antara 400 mcg sampai 600 mcg dalam 1 hari. demikianlah manfaat asam folat untuk ibu hamil .
     
  2. Kesehatan Fungsi Otak.
    Manfaat folid acid bagi kesehatan otak ialah sebagai pembantu dalam proses optimalisasi fungsi otak itu sendiri.
    Berfungsi untuk pencegahan depresi pada diri seseorang . Sedangkan manfaat asam folat setelah  usia lanjut adalah berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak.
     
  3. Proses Pembentukan Sel Darah Merah.
    Seringkali pada seseorang terlihat gejala tanda anemia setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter banyak yang mendapatkan obat tambah darah dan salah satunya adalah folid acid ini. Manfaat asam folat dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit dan HB hemoglobin).
     
  4. Manfaat Untuk DNA Tubuh.
    Asam folat memiliki kegunaan dan fungsi dalam rangka perbaikan DNA tubuh kita . Karena resiko terkena penyakit kanker saat kekurangan asam folat ini .

0 komentar:

Posting Komentar