Selasa, 21 Mei 2013

Gejala Sakit Perut

Gejala Sakit Perut
Sakit perut adalah hal yang sudah lumrah dialami semua orang sebab perut merupakan penampungan makanan mulai dari yang baik untuk tubuh bahkan yang jelek , sakit perut sering dialami oleh mereka yang tidak menjaga makanan dengan baik . tidak teratur , telat atau terlalu sering , atau sudah tahu punya gejala maag masih makan yang pedas dll
perut bawah sakit
penyebab sakit perutSakit peut memiliki gejala yang berbeda tergantung organn tubuh bagian perut yang mengalami gangguan , misalkan asam lambung saat sakit maag , peradang pada usus saat usus buntu . semua gejala tergantung gejala menurut jenis penyakit yang diderita . berikut macam-macam gejala sakit perut :

Penyakit Desentri
Disentri merupakan salah satu jenis diare akut atau timbul mendadak . pada umumnya dialami anak usia balita . Adapun penyebab diare adalah infeksi kuman Shihella dan parasit i (disentri amuba).

Penyakit perut satu ini yakni Disentri  adalah disebabkan oleh peradangan pada usus (terutama usus besar) yang bermasalah atau terganggu sehingga menghasilkan diare berat yang mengandung lendir dan atau darah dalam feses.

Penyakit Batu empedu
Kondisi ini bisa terjadi bila terdapat gumpalan di dalam kantung empedu. Kantung empedu sendiri adalah organ yang mirip dengan buah pir yang menghubungkan antara hati dengan usus kecil dan bisa menyimpan cairan empedu untuk membantu proses pencernaan tubuh.

Pada umumnya Penyakit Batu empedu berasal dari mengerasnya kolesterol serta cairan empedu setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. biasanya penyakit ini pada wanita namun lelaki juga bisa memiliki resiko Batu empedu
 perut kanan sakit
Gejala yang biasa dirasakan oleh seseorang yang mempunyai batu empedu adalah bagian atas perut tengah terasa nyeri yang sangat tajam dan bisa menjalar hingga ke bawah tulang rusuk pada sisi sebelah kanan.
Biasanya gejala ini akan lebih terasa sakit setelah makan. Sebaiknya segera konsultasikan gangguan ini jika ternyata rasa sakit tidak kunjung hilang dalam beberapa jam ataupun disertai dengan muntah dan demam

Penyakit Usus buntu
Usus buntu adalah sebuah kantong kecil yang terdapat di usus besar (usus buntu) mengalami peradangan .
Gejala yang biasa dialami oleh seseorang yang mengalami usus buntu adalah adanya rasa sakit atau rasa yang tidak nyaman pada daerah sekitar pusar lalu menjalar sampai pada perut bagian kanan bawah.
 perut kiri sakit
Radang yang semakin bertambah parah akan membuat rasa sakit akan semakin memburuk seiring dengan bertambahnya waktu dan kelemahan tubuh anda .
Bila merasakan gejala diatas segera hubungi dokter bedahsebab penyakit usus buntu adalah penyekit yang serius membahayakan kesehatan anda . hal yang akan dilakukan adalah bila kondisi radang dalam bahaya maka akan dilakukan pengangkatan agar tidak pecah dan bakteri yang ada didalam menyebar .

Penyakit Sembelit
Sembelit  biasanya dikarena mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kurangnya makan sayur mayur atau yang berserat tinggi.
perut sebelah kanan
Ciri-ciri sakit sembelit yaitu nyeri di bagian pusar yang hilang timbul. Nyeri ini diakibatkan karena salah makan atau juga bisa karena susah buang air besar.

Penyakit Kolera
Penyakit Kolera merupakan penyakit perut disebabkan oleh virus bernama vibrio Cholerae (iBacillus coma). Kolera juga dikenal sebagai penyakit muntaber. Bila perut ditekan maka akan terasa nyeri di perut bagian bawah dan diikuti kejang pada otot perut. Perasaan mual dan mau muntah biasanya datang setelah mengalami mencret.
penyebab sakit perut
Solusi pertama mengobati kolera adalah dengan minum garam oralit. Bila cairan tubuh yang hilang sangat banyak, maka diperlukan cairan infus.

Penyakit Maag
Maag diakibatkan karena kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung. Kelainan ini merupakan sakit dibagian ulu hati disertai keluhan perut kembung, cepat kenyang,  mual, muntah, merasa terbakar di bagian ulu hati. Sakit maag bersifat akut dan kronis dan dapat muncul secara mendadak dan dalam waktu relatif lama.pe
rut terasa sakit
Penyakit perut yang satu ini bisa mengenai siapa saja. Orang yang makannya tidak teratur dan mengeluhkan sakit perut biasanya bakal didiagnosis menderita maag.

Saran :
Bila anda mengalami salah satu penyakit diatas maka konsultasikanlah kepada dokter yang bersangkutan .
Aturlah pola makan anda dan jangan sekali-kali makan pntarngan yang bisa mengakibatkan patal pada penyakit anda.

0 komentar:

Posting Komentar