Senin, 08 April 2013

Penyakit Kaki Gajah

Filariasis ( Penyakit kaki gajah )  adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit kaki gajahnini bersifat kronis (menahun) dan bila tidak tangani dengan serius bisa mengakibatkan cacat permanen beruba pembesaran kaki, lengan, serta alat kelamin dll.

Penyakit kaki gajah bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Seseorang bisa tertular atau terinfeksi penyakit kaki gajah apabila orang tersebut digigit nyamuk yang infektif, yaitu nyamuk yang mengandung lava stadium III (L3). Nyamuk tersebut mendapat cacing filaria sewaktu menghisap darah penderita penyakit kaki gajah.

Gejala yang umum terlihat adalah terjadinya elefantiasis, berupa membesarnya tungkai bawah kaki dan kantung zakar skrotum, sehingga penyakit ini lebih dikenal sebagai penyakit kaki gajah.
Penyakit kaki gajah lebih mengarah pada tanda pembengkakan bagian bawah tubuh. Penyakit kaki gajah disebabkan oleh filariasis limfatik merupakan salah satu penyebab paling umum dari kecacatan di dunia.
penyakit Filariasis

Penyebab utama dari Penyakit kaki gajah adalah lingkungan yang tidak bersih dan tatanan kota yang kotor, sehingga membuat banyak tempat perkembangbiakan nyamuk yang membawa penyakit.

Penyakit Gajah tersebar lebih dari satu miliar orang di lebih dari 80 negara. Lebih dari 120 juta orang telah terjangkit olehnya, lebih dari 40 juta orang miskin atau kurang mampu terjangkit penyakit ini.

Sepertiga dari orang yang terinfeksi Penyakit kaki gajah tinggal di India, kemudian di Afrika dan sebagian besar sisanya berada di Asia Selatan, Pasifik dan Amerika. Di daerah tropis dan subtropis di mana filariasis limfatik dapat berkembang dengan cepat, sehingga meningkatkan orang yang tinggal di daerah tropis dan subtropis mudah terjangkit penyakit ini.

0 komentar:

Posting Komentar