Jumat, 12 April 2013

Penyakit Sinusitis

Penyakit sinus atau sering diistilahkan sinusitis , sinustis ialah  merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan rongga hidung bagian atas. Penyakit sinusitis disebabkan oleh segala sesuatu yang mengganggu aliran udara ke dalam rongga hidung ataupun keluarnya lendir/muskus dari hidung.
 macam-macam penyakit sinusitis
Penyakit Sinisitis dibagi jadi  dikategorikan jadi 3 type, yakni sinusitis akut, sinusitis sub akut serta penyakit sinusitis kritis.

 sakit SinusPenyakit Sinusitis akut jika periode waktu penyakitnya kurang dari satu buan, penyakit sinusitis sub- akut yakni pada 1 hingga 3 bulan . serta paling akhir penyakit sinusitis kritis di mana periodenya lebih lama yakni kian lebih 3 bulan .

Penyebab Penyakit Sinusitis 
Dibawah ini beberapa penyebab awal penyakit Sinusitis :
  • Infeksi atau peradangan di rongga hidung dan tenggorokan
  • Ada sumbatan di rongga hidung, layaknya polip, tumor, benda asing, pembesaran tulang konka hidung.
  • Ada alergi pada hidung, hingga mengakibatkan sumbatan.
  • Pengaruh lingkungan layaknya hawa dingin, hawa panas, asap polusi, debu, bau menyengat.
  • Pada pengagum olahraga renang air masuk ke didalam rongga hidung.
  • Trauma fisik ataupun stress yang mengakibatkan pendarahan pada sinus.
  • Adanya Infeksi pada gigi graham 1, garaham 2, serta graham 3 sisi atas kiri serta kanan. infeksi yang berat serta berjalan lama bisa menembus hingga rngga sinus maksilaris.

Penyebab Penyakit Sinusitis Akut

Dibawah ini beberapa penyebab awal penyakit Sinusitis akut atau tipe akut :
  1. Infeksi virus. Sinusitis akut bisa berlangsung jika ada infeksi vrus pada saluran pernafasan sisi atas ( ispa ) seperti  pilek
  2. Infeksi bakteri. Butuh anda kenali bahwa didalam tbuh kita ada type bakteri yang didalam situasi normal tidak beresiko seperti haemophilus influenzae serta streptococcus pneumoniae. tetapi jika daya tahan tubuh kita alami penurunan atau saluran sinus tesumbat akibat pilek maka bakteri yang walnya jinak dapat berkembang biak menyerang saluran sinus hingga berlangsung infeksi sinus akut.
  3. Infeksi Jamur. Infeksi ini bisa mengakibatkan sinusitis akut, jamur aspergillus adalah jaur yang dapat mengakibatkan sinusitis pada pasien masalah sistem kekebalan. pada sebagian orang, sinusitis dari jamur yaitu bentuk reaksi alergi yang berkaitan pada jamur.

Penyebab Penyakit Sinusitis Kronis

Adapun penyebab dari penykit sinusitis kritis yaitu asma, alergi misalkan rhinitis alergika, masalah sistem kekebalan serta kelainan ataupun pembuangan lendir. Rhinitis alergika atau alergi hidung bisa mengakibatkan penyakit sinusitis. Alergi ini dikarenakan oleh debu, asap, spora jamur, bulu binatang, serbuk sari bunga, tepung, serta bau-bauan yang menyengat. Bila hidung sudah kotor oleh factor allergen atau factor yang menimbulknan alergi, maka dapat timbul bersin-bersin serta mengeluarkan lendir hidung. Bila saluran sinus terhalang maka lendir atau cairan tidak dapat dibuang serta mengakibatkan sinusitis

Sekian tentang penyakit Sinusitis lanjutkan dengan Tanda dan gejala penyakit sinusitis

0 komentar:

Posting Komentar