Minggu, 28 Juli 2013

Cara Membuat Film Dengan Sukses

Cara Membuat Film - Untuk mengabadikan momen-momen penting bersama sahabat , keluarga dan acara pernikahan munkin anada sering mereakam dan mengedit videonya serta menyelipkan kata-kata atau suara unik didalamnya . sebenarnya langkah seperti itu sudah merukan awal anda dalam pembuatan flim namun itu tidak didramatis atau yang dibuat-buat sesuai dengan imjinasi pembuat flim .

Jika anda hobby dalah hal editing video dan ingin berkereasi dalam untuk tugas sekolah atau lomba atau ingin terkenal seperti flim-flim selain editing anda perlu memiliki kemampuan dasar dan langka-langkah dasar dalam membuat flim agar tertata rapi dan sukses .
Untuk langkah-langkah dasar dalam pembuata flim adalah sbb :
  1. Ide
    Dalam membuat film sama halnya membuat artikel novel dan lainnya pokok utama adalah ide , ambilah ide yang menarik dan banyak diminti masyarakat , ambil tema yang familiar . dalam memilih ide carilah yang tampil beda yakni tidak ada kemiripan dengan yang sudah ada .

  2. Target/objek Flim
    Jika anda telah mendapatkan ide yang bagus dan menarik maka carilah sasaran tayang atau flim yang ingin anda buat mau dikasih untuk siapa . mau ke anak-anak , mahasiswa atau masyarakat umum ? jika sudah tentu target dan segmennya akan memudahkan anda dalam proses pembuatan flim
     
  3. Cara Membuat Film dokumenter
    cara mudah membuat flim
    Sinopsis
    Sinopsis adalah gambaran ringkas sebuah alur cerita , tanpa sinopsis maka flim tak akan sempurna dan tertata bagus . maka dari itu buatlah sinpsis ringkas , padat dan jelas yang menarasikan sasaran dan konflik serta endingnya .
     
  4. Naskah Skenario
    Skenario termasuk unsur yang dibutuhkan paling awal sebagai rancangan membuat film. Ketika sebuah skenario telah selesai, maka sebenarnya film telah selesai dibuat pula dalam bentuk tertulis.
    Buatlah skenario. Anda bisa meminta orang lain untuk menulis, lalu Anda mengurusi hal lain atau Anda tulis sendiri skenario Anda. Setelah skenario jadi, mulailah membuat film.Membuat Film dokumenter

  5. Mulai Pembuatan Film
    Setelah selesai lanhkah-langkah diatas ide sudah dapat , target sudah maka selanjutnya adalah story board film , tentukan lokasi, cari view yang bagus untuk lokasi agar sesuai dengan tempat yang diinginkan dalam skenario. Tempat yang sesuai mendukung cerita atau ide flim yang sedang anda upayakan .


  6. Tentukan Anggaran
    Setelah menentukan apa dan siapa yang kita inginkan, kita bisa memulai membuat anggaran atau budget film. Tetapi lebih baik budget sudah disiapkan dari awal .
     
  7. Sediakan alat-alat teknis Yang dibutuhkan
    Siapkan kru . dan peralatan seperti Siapkan lampu , kamera, setting, property, kostum, make up, dan lain-lain sebagainya untuk perlengkapan suting .
     
  8. Syuting dan Editing
    Setelah mendapatkan izin dan lain sebagainya, Anda bisa mulai syuting. Begitu selesai syuting, adegan-adegan film diedit berdasarkan urutan scene di dalam skenario.
     
  9. Review dan Revisi
    Review, lihat ulang hasil film yang sudah Anda buat. Lalu revisi bila ada bagian scene yang jelek, bisa Anda buang. Bila ada scene yang kurang, bisa Anda tambahkan yang baru.
     
  10. Promosi
    Promosikan film yang anda buat bisa lewat media online seperti jejaringan sosial atau di blog-blo yang pengunjungnya ramai atau di TV .
     
  11. Batasan Pengiklan
    dalam membuat film, tentunya akan ada yang menawarkan tawaran iklan maka batasilah iklan supaya penonton anda tidak bosan.
     
  12. Copy
    Setelah film Anda finish, Anda bisa masukkan dalam keeping DVD. Dan gandakan keping DVD itu untuk keperluan pribadi, distribusi atau promosi

Cukup itu saja yang dasar namun sebelum anda membuat film ada beberapa hal yang penting anda siapakan .yaitu :
  • Modal : Sudah saya katakan dari awal bahwa modal adalah faktor terpenting karena secantik apapun naskah film yang dibuat, tanpa modal ini maka naskah tersebut hanya akan ditaruh di laci atau harddisk komputer. Modal bisa diperoleh dari kerja keras dan dukungan dari pihak lain.
  • Memilih Kamera : Yang penting di sini adalah untuk menemukan kamera sesuai kebutuhan Anda. Tergantung pada apakah Anda ingin membuat video hanya untuk bersenang-senang atau untuk menyampaikan pesan kepada audiens yang lebih besar melalui film pendek, Anda harus memilih kamera sesuai. Hal ini karena Anda dapat mencoba membuat film bahkan menggunakan sel kualitas kamera ponsel yang baik tetapi Anda pasti tidak akan memiliki banyak pilihan ketika datang ke pengaturan, jika menggunakan kamera tersebut. Sebuah camcorder digital yang terbaik akan melayani tujuan Anda, tapi sekali lagi, itu semua tergantung pada apa anggaran Anda.
  • Memilih Latar Belakang : Latar belakang adalah bagian penting dari foto dan video. Bahkan syuting paling sempurna dapat dimanjakan oleh latar belakang tidak begitu sempurna. Sebelum Anda mengklik tombol rekam, pastikan bahwa tidak ada benda yang tidak menyenangkan di latar belakang. Juga, dengan fokus pada subjek dan menjaga kamera stabil, dapat membantu.
  • Rekaman Suara :Sound adalah hal lain yang penting untuk dipertimbangkan saat merekam video. Anda harus berhati-hati untuk memastikan bahwa suara yang diinginkan mencapai alat perekam sementara mereka yang tidak, dieliminasi. Jangan berbicara ketika sedang merekam video sebagai suara Anda sendiri, jika tidak sengaja tertangkap oleh kamera, bisa sangat sulit untuk menutupi nantinya.
Demikian langkah cara membuat film yang kami dapat dari berbagai sumber . dalam membuat flim tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan . namun jika ada keingin pasti ada jalan . jika sudah ada rencana tinggal jalan sebaik munkin . ahir kata Selamat berkarya .

0 komentar:

Posting Komentar