Jumat, 18 Oktober 2013

Makanan Mengandung Sumber Protein Tinggi

Protein adalah salalh satu nutrisi penting dibtuthkan tubuh kita untuk membentuk jaringan otot pada badan . Apalagi bagi  seorang atlet, binaragawan maka mereka membtuhkan asupan protein yang tinggi untuk membentuk otot tubuhnya .

Pada tubuh protein sebagai zat pengatur. Protein membantu mengatur hormon-hormon yang berfungsi dalam proses pencernaan. Protein juga berperan dalam menjaga keseimbangan pH asam dan basa tubuh .

Selain di atas protein berperan sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh. Karena pentingnya fungsi protein maka kita butuh makanan sumber protein yang mengandung protein tinggi untuk mencukupi kebutuhan protein pada tubuh kita setiap hari .

Protein meninjau sumbernya terbagi   dua, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati berasal dari tumbuhan sedangkan protein hewani berasal dari hewan. Protein hewani mengandung profil asam amino yang lengkap termasuk asam amino esensial yang mutlak dibutuhkan untuk perkembangan tubuh . Untuk lebih jelasnya lihat makan yang mengandung sumber protein tinggi dibawah ini .

Makanan-Makanan Mengandung Sumber Protein Tinggi :

Telur
Telur adalah sumber protein dengan kandungan nutrisi komplit dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sebutir telur rebus mengandung tujuh gram protein dengan hanya dua gram lemak jenuh. Untuk menghindari lemak jenuh, gunakan putih telur dan buang kuningnya. 

Tenderloin ayam atau White Meat
Pada setiap satu tenderloin mempunyai berat sekitar satu setengah hingga dua ons, sehingga memudahkan kamu mengontrol porsi. 2 tenderloin setara dengan satu takar ukuran tiga ons .

Dada ayam
Ayam merupakan daging rendah lemak bagus untuk menu makan siang rendah . Makan dada ayam bisa menjadi pilihan jika  kamu hendak makan daging yang rendah lemak jenuh.

Daging Sapi
Sebaiknya pilih lah daging sirloin yakni daging yang berasal dari bagian belakang sapi . Daging ini bekerja lebih berat daripada pada bagian lain, Sirloin ini hampir tidak mengandung lemak .dalam masalah harga Sirloin umumnya lebih ekonomis dibandingkan daging steak baian lainnya .

Udang
Udang memiliki sumber kalsium dan protein . Nilai protein pada udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi , berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gram udang mentah mengandung 20,3gram protein . ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian  anda sebanyak 41 persen ( % )

Ikan Segar
Ikan juga bagian makanan tinggi protein . Namun, berbeda dengan daging , kita tidak perlu kuatir akan kandungan lemak pada ikan karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

Susu Murni
Susu sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas . kadar Protein susu murni memang tak terlalu besar , namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan. Protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang kita butuhkan .

Kacang Kedelai
Makanan Sumber Protein Tinggi
Sumber Protein Tinggi
Kacang Kedelai adalah biji yanga  kaya protein dan rendah lemak . Kacang Kedelai mempunyai kandungan phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. itu semua bagus untuk mengurangi potensi terkena sakit jantung, osteoporosis dan kanker. 

Tahu
Tahu makanan nutrisi setara dengan daging , tahu sumber protein yang bisa diolah menjadi berbagai kreasi  masakan. Bisa dikonsumsi bersama salad, dikukus, digoreng ataupun panggang sehingga kita tidak bosan .

0 komentar:

Posting Komentar