Selasa, 22 Oktober 2013

Mimisan Anak : Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan Anak - Dewasa

Mimisan Anak : Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan Anak - Dewasa

Mimisan atau Hidung berdarah adalah satu kondisi pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung . mimisan dalam istilah Kedokteran adalah epistaksis sedangkan Inggrisnya adalah  epistaxis

Penyebab Mimisan
Saat anda mimisan ada sebab musababnya kemunkinan saja mimisan yang anda alami adalah diakibatkan oleh penyebab mimisan dibwah ini :
  1. Cuaca Panas
    Ketika cuaca di sekitar panas bisa mngakibatkat kelembabanpun hidung berkurang dan menimbulkan setrum mengering yang menyebabkan iritasitasi sehingga keluar darah dari hidung .
     Mengatasi Mimisan
  2. Tumor
    Mimisan juga bisa juga terjadi pada  menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.
     Mengatasi Mimisan
  3. Saat Demam Berdarah
    Dalam keadaan infeksi sistemik misalnya demam bedarah anak juga bisa menimbulkan atau mengalami mimisan, jika penderiata demam berdarah sempat mimisan ini merupakan  pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif dan seserius munkin Mengatasi Mimisan
    Demam berdarah seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan diakibatkan penyebab lainnya .
Dari penyebab diatas bisa disimpulkan bahawa bahaya dan tidaknya mimisan pada anak atau orang dewasa adalah dilihat dari penyebab mimisan itu sendiri . Adapun cara mengatasi mimisan adalah sebagai berikut ini :

Cara Mengatasi Mimisan pada Anak - Dewasa

1. Dudukkan bersandar dengan kepala sedikit menunduk ke depan, agar darah tidak mengalir ke bagian belakang . Jangan biarkan anak bersandar,  menghadap ke atas, atau menyedot darah mimisan. sebab darah tertelan dapat merangsang timbulnya batuk, tersedak atau rasa mual sehingga anak muntah.
Cara Mengatasi Mimisan Anak - Dewasa
Mengatasi Mimisan
Mengatasi Mimisan
2. Lakukan pijitan lembut dengan meneekan lembut pada bagian lunak hidung. Jepit tepat di bawah tonjolan tulang dengan tisu atau lap yang bersih selama 5-10 menit agar pendarahannya berhenti .
Mengatasi Mimisan
3.  Saat mimisan munkin ada rasa gatal dan karuan . disni jangan biarkan anak menyentuh atau mengorek atau meniup udara dari hidungnya setelah mimisan berhasil dihentikan . Menggosok hidung, mengorek, atau menyentuh bagian dalamnya bisa melukai hidung dan bisa mengakibatkan mimisan lagi.
Mengatasi Mimisan
4. Kamu bisa melakukan kompres dingin pada hidung anak dengan es, untuk mempercepat pendarahan.
Mimisan Anak
Namun jika mengalami mimisan berkepanjangan dan tidak wajar maka segera konsultasikan kepada pihak medis sebab bisa jadi mimisan yang diderita bukan lagi mimisan biasa .

0 komentar:

Posting Komentar