Senin, 26 Agustus 2013

Penyebab , Pencegahan , Ciri-ciri Kanker Otak

Penyebab kanker otak
Kanker otak atau bisa disebut Tumor otak adalah salah satu penyakit yang menyerang otak . penyakit ini bisa saja menyerang anak-anak dan dewas tapi pda kenyataannya yang banyak mengalami penyakit kanker otak adalah orang usia lanjut.

Kanke otak terbagi dua yaitu , ganas (kanker) atau non-ganas (jinak). Tumor otak tidak selalu mengakibatkan kematian. Namun pada kasus tumor otak jinak , dapat menghancurkan dan menekan jaringan otak yang normal lainnya sehingga mangakibatkan otak lumpuh . maka istilah dokter kanker otak lebih dikenal dengan tumor otak .

Berbicara tentang kanker otak Sejauh ini, para ilmuwan masih mencoba untuk mencari tahu penyebabnya melalui berbagai penelitian
Namun sudah banyak ilmuan yang menduga kanker otak dipicu oleh sbb :Ciri-ciri Kanker Otak
  1. Radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dan komputer ternyata mendorong gejala sel kanker.
  2. Trauma khususnya trauma eksternal bisa merangsang otak.
  3. Terlalu lama melakukan kontak dengan bahan-bahan kimia seperti pewarna, pestisida dan sebagainya.
  4. Terkena paparan sinar radioterapi dapat memicu penyakit kanker otak.
  5. Kanker otak bawaan dan genetik tapi tidak juga pada dasarnya jangan sering menyalahkan orang tua.
  6. Paparan bahan kimia
    Beberapa bahan kimia dapat mengubah struktur gen yang melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan kanker. Orang-orang yang bekerja di kilang minyak, pabrik kimia dan laboratorium nuklir, berisiko lebih tinggi terkena kanker. Risiko tersebut juga mungkin terjadi pada anak-anak mereka.
  7. Terapi radiasi
    Anak-anak yang mendapatkan terapi radiasi pada kepala akibat pengobatan penyakit tertentu, dapat meningkatkan risiko pertumbuhan tumor. Tumor di otak dapat menyebabkan stres dan kerusakan pada daerah di sekitarnya. Itulah yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Pencegahan Kanker Otak
Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati maka dari harus selalu waspada terhadap pemicu penyakit apapun dengan tujuan agar kita bisa bertahan memperjuangkan diri pribadi , keluarga dan bangasa dihadapan manusia dan Allah .
Hal yang utama dalam mencegah tumor otak adalah menhindari pola hidup yang jelek . pola hidup jelek mulai dari pelanggaran perintah agama dan juga anjuran dokter yakni pola hidup sehat .
Ciri-ciri Kanker Otak
Memang belum pasti penyebab utama kanker otak ini , tetapi dengan menjalani pola hidup sehat dan menghindari beberapa faktor risiko dapat membantu mencegah risiko kanker otak pada diri kita .
Adapun yang dapat anda terpakan untuk mencegah kanker otak adalah sebagai berikut :
  1. Makan makanan anti kanker
    Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang bisa membantu mengontrol kecenderungan kenker dalam sel-sel tubuh Anda.
    Sumber asam lemak omega 3 diantaranya adalah kenari dan minyak biji rami. Ini membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan kemampuan untuk melawan kanker.
     
  2. Alkohol dan hal haram lainnya
    Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini dikemukakan oleh University of Maryland Medical Center di Amerika Serikat.
    Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. So, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.
     
  3. Menghindari penggunaan bahan kimia
    Bahan kimia dan paparan radiasi kimia yang berpeluang besar terhadap kerusakan otak seseorang, sebaiknya Anda menghindari prosedur yang berhubungan dengan bahan kimia.
    Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile yang digunakan dalam industri tekstil.
     Ciri-ciri Kanker Otak
  4. Hindari Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan kanker otak.
    Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan nuklir, harus rutin melakukan cek-up terhadap kanker otak ke dokter.
      Ciri-ciri Kanker Otak
  5. Penggunaan ponsel Berlebihan
    Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponsel yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpa headphone untuk menurunkan resiko kanker otak.
     Ciri-ciri Kanker Otak
  6. Hindari Risiko kanker lainnya
    Yakni penyebab kanker diatas .
Ciri-ciri Kanker Otak
Jika mendengar kata kanker maka hal pertama yang terlintas di pikiran kalian adalah penyakit berbahaya yang mematikan. Banyak organ tubuh yang dapat terserang penyakit kanker ini salah satunya yaitu kanker otak namun ingat tidak semua orang yang kanker pendek umurnya dan menderita seumur hidup banyak orang yang normal kembali setelah berobat .
Ciri-ciri Kanker Otak
So , jika anda curiga ada gejala kanker jangan takut memeriksanya sebaiknya kenali labih lanjut agar mendapatkan penangan yang maksima . berikut ini kami bermaksud untuk membantu anda mengidentifikasi penyakit kanker otak .

Adapun ciri-ciri kanker otak yang sering dialami penderita kanker ini adalah sbb :
  1. Muncul sakit kepala atau perubahan pola sakit kepala
  2. Sakit kepala secara bertahap menjadi makin sering dan makin parah
  3. Timbul rasa sakit pada kepala pada pagi hari tepatnya pada pukul 4 atau 5 pagi. Penderita akan sering terbangun secara tiba-tiba dari tidur lelap dan tidak bisa tidur lagi.
  4. Gejala muntah disertai dengan sakit perut dan mual.
  5. Meningkatnya tekanan pada otak yang menyebabkan arus balik darah vena dan gangguan penglihatan.
  6. Pada salah satu sisi mata menonjol sehingga sulit ditutup dengan baik.
  7. Menekan syaraf pendengaran dan fenomena ilusi indra penciuman.
  8. Gejala epilepsi timbul.
  9. Masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, dan lain-lain
  10. Secara bertahap hilang sensasi atau gerakan tangan atau kaki
  11. Sulit menjaga keseimbangan
  12. Sulit berbicara
  13. Kebingungan terhadap persoalan sehari-hari
  14. Perubahan kepribadian atau kebiasaan
  15. Kejang, khususnya pada seseorang yang tidak pernah mengalami kejang
  16. Masalah pendengaran

Pengobatan Kanker Otak ( Tumor otak )
Sebaiknya jika menagalami penyakit diatas maka segera ke dokter atau orang yang perpengetahuan dalam medis untuk memastikan apa positif atau tidak nya dan sebaiknya priksakan kepada dua orang minimal agar mendapat kepastian . sebab tidak semua gejala diatas merupakan gejla kanker otak . jika positif tenang dan pasrahkan juga berusaha dengan menjalankan pengobatan medis ataupun dengan alami dan lainnya .

Jika mengalami gejala penyakit kanker otak yang telah disebutkan ini maka sebaiknya penderita harus segera melakukan pemeriksaan secara medis untuk mengukuhkan diagonsa. Ada beberapa metode pemeriksaan kanker otak, antara lain adalah radiografi sinar-X pada kepala, CT scan otak, MRI, Electroencephalography dan pengukuran biokimia.
Ciri-ciri Kanker Otak
Jika memang didiagnosa menderita penyakit kanker otak maka penderita harus segera menjalani pengobatan. Pengobatan kanker otak sendiri ada yang secara tradisional dan ada secara medis.

0 komentar:

Posting Komentar