Selasa, 27 Agustus 2013

Cara Mengatasi Sembelit ( Susah Buang Air Besar )

Cara Mengatasi Sembelit ( Susah Buang Air Besar )
Susah Buang Air Besar atau dikenal juga dengan sembelit dan konstipasi ini adalah gangguan pencernaan dan gangguan pencernaan ini banyak dialami masyarakat indonesia dan umumnya masyarakat dunia .

Adapun ciri-ciri Sembelit secara global ialah frekuensi buang air besar yang kurang dari 2 kali dalam seminggu, buang air besar tidak teratur, dan feses yang keras sehingga kadang menimbulkan rasa sakit .

Gejala yang ditimbulakn sembelit mungkin termasuk nyeri perut dan kembung . Sembelit dapat diperburuk oleh perjalanan , kehamilan atau perubahan dalam diet . Orang yang makan diet tinggi serat cenderung menjadi sembelit . Penyebab paling umum dari sembelit adalah diet rendah serat atau diet tinggi lemak , seperti keju , telur , dan daging .
Cara Mengatasi Sembelit
Penyebab mulanya adalah dikarena tidak sehatnya pola makan, kekurangan cairan dalam tubuh, organ usus yang tidak elastis, sering menunda buang air besar, jarang berolah raga atau aktivitas gerak. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi sembelit.

Cara Mengatasi Sembelit ( Susah Buang Air Besar )
contoh gambar obang sakit sembelit
Dari sebeb diatas maka dapat kita cegah sembelit dengan cara dibawah ini :


  1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.
    Konsumsilah makanan yang kaya akan serat setiap hari secara teratur akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan . Sumber makanan yang kaya serat antara lain adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
     
  2. Maksimalkan cairan Atau minum Air Putih.
    Air adalah hal sangat penting dalam kehidupan, bahkan tubuh manusia saja terdiri dari unsur air yang banyak dibandingkan dengan zat padat lannya. Minumlah air sekitar 8 gelas sehari atau 2 liter/hari. Ini akan mencegah anda dehidrasi dan tubuh kekurangan air.
     
  3. Kurangi porsi makan banyak
    Makan dalam porsi besar sekaligus dapat menyebabkan Sembelit . Oleh karena itu, direkomendasikan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Makan 5-6 kali dalam porsi kecil bisa mencegah terjadinya Sembelit .
     
  4. Usahakn tidak menunda-nunda buang air besar.
    Menunda buang air besar dapat menimbulkan Sembelit  . so , jika ingin BAB langsung ke kamar mandi .
     
  5. Hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi.
    Misalnya minuman bersoda, kopi, dan teh. Selain itu hindari konsumsi alkohol terlalu banyak karena alkohol juga memiliki efek yang dapat menimbulkan dehidrasi pada tubuh.Bila tubuh anda kurang cairan maka air yang ada dalam feses diserap kembali oleh tubuh sehingga menyebabkan feses menjadi keras dan memicu Sembelit.
     
  6. Mengatasi Sembelit dengn Olahraga
    Jika sempat Berolahraga selama 30 menit/ hari sekitar 3-5 kali dalam seminggu dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih efektif dan membantu mencegah Sembelit .
  7.  Usahakan tidak strees beratStress tidak hanya menyebabkan sakit fisik seperti sembelit, tetapi juga bisa mengganggu kejiwaan seseorang, hiindari stress maka hidup akan sehat baik jasmani atau pun rohani.

0 komentar:

Posting Komentar