Senin, 05 Agustus 2013

Makanan Sumber Kolesterol Tinggi Perlu Dihindari

Pada dasarnya Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati dan sangat penting untuk fungsi tubuh. Kolesterol secara alami terdapat dalam dinding sel atau selaput di mana-mana di dalam tubuh, termasuk otak, saraf, otot, kulit, hati, usus, dan jantung. Dalam kondisi normal pula kolesterol berfungsi sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk dan tidak ke dalam sel, terlibat dalam produksi hormon seks, membantu produksi empedu.

Perlu diketahui bahwa kolestrol tinggi bukanlah penyakit, tapi berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. misalnya penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Dikarenakan kolestrol tinggi bisa menyebabkan penyakit maka kolestor sering dikelaim sebah penyakit dan yang perlu dinormalakan , salah satu upaya penormalan kolestrol adalah dengan menghindari makanan sumber kolestrol tersebut .

Berikut makanan-makanan sumber kolestrol yang harusnya diminimalisir mengkonsumsinya atau sebaiknya dihindari saja bila kolestrol anda dinyatakan tinggi atau melampaui batas normal .

  1. Daging
    Hindarilah makan daging  lebih dari 6 ons tanpa lemak, daging ayam, ikan atau makanan laut dalam sehari. Hilangkan semua lemak yang ada pada permukaan daging sapi, domba sebelum dimasak. Kebanyakan daging mengandung sekitar 70 miligram kolesterol dalam setiap 3 ons penyajian. Makan daging merah tanpa lemak dalam porsi yang moderat tidak berbahaya.
  2. Gula tambahan
      Gula tambahan ternyata berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol "baik" atau high density lipoprotein (HDL) dalam darah. Jadi, pengurangan gula tambahan dalam diet, selain mengurangi risiko diabetes juga memperbaiki kadar kolesterol.
  3. Telur
    Kuning telur mengandung kolesterol 2.000 mg. tapi putih telur tidak mengandung kolesterol dan merupakan sumber protein yang baik. Usahakan jangan makan telur mentah.
  4. Kelapa
    Santan ataupun minyak yang ada kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Namun, penggunaannya dalam skala sedang tidak terlalu berakibat buruk terhadap kadar kolesterol darah
  5. Mentega, krim dan es krim
    Cemilan diatas termasuk makanan yang mengandung lebih banyak lemak dan lemak jenih dibanding susu murni. Waspadai juga kandungan jenis ini yang terdapat pada roti dan makanan penutup.
  6. Pizza
    menurut medis pizza mengandung 10 gram lemak dan 4,4 gram lemak jenuh. Angka itu belum termasuk topping yang mungkin mengandung lebih banyak lemak ini sangat logis karena bahan dasarnya banyak mengandung kolestrol .
  7. Otak
    Tercatat bahwa ternayata otak sapi mengandung kolesterol 2.300 mg.
Makanan Sumber Kolesterol Tinggi

Selain diatas makanan yang mengandung kolstrol tinggi adalah unggas , jeroan , dan telor puyuh . Untuk itu sebaiknya hindarilah makanan sumber kolestrol ini untuk menormalkan kolestrol anda .

0 komentar:

Posting Komentar